PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI SMA KELAS XII

Miraza, Retty PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI SMA KELAS XII. pendidikan fisika.

[img] Text
2.cover skripsi.docx

Download (40kB)
[img] Text
7.ABSTRAK.docx

Download (17kB)

Abstract

Berdasarkan hasil yang didapat dari observasi yang telah dilakukan, maka perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan mengembangkan media pembelajaran yang lebih mudah dipahami oleh siswa serta memiliki tampilan yang lebih menarik. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu media pembelajaran e-learning. Namun tidak semua guru mempunyai kemampuan dalam bidang teknologi informasi. Untuk itu diperlukan suatu media e-learning yang tergolong mudah dalam pengelolaannya dengan kemampuan yang baik untuk dapat digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir media dan persepsi siswa terhadap pengembangan media e-learning berbasis edmodo dengan pendekatan saintifik pada materi gelombang bunyi SMA kelas XII. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada februari 2018. Metode pada penelitian ini menggunakan model 4D terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develope (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, telaah dokumen, angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Dari penelitian diperoleh hasil berupa media e-learning berbasis edmodo dengan pendekatan saintifik pada materi gelombang bunyi SMA kelas XII dan persepsi siswa terhadap media dengan skor 45,58 dan termasuk kategori amat baik untuk aspek media dan skor 20,02 termasuk kategori amat baik untuk aspek materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan memiliki keunggulan yaitu pengoperasian media yang mudah dilakukan, bahasa yang digunakan mudah dimengerti, siswa dapat melihat skor yang diperoleh dari kuis yang dikerjakan, dan fasilitas parenting guide. Kelemahan yang terdapat pada media ini yaitu e-modul yang terdapat di dalam edmodo belum bisa diakses melalui smartphone, serta memerlukan koneksi internet yang stabil. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya yaitu perlu diadakan penelitian mengenai pengaruh penggunaan media ini terhadap hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RETTY MIRAZA
Date Deposited: 11 Jul 2018 01:17
Last Modified: 11 Jul 2018 01:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item