PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MENGGUNAKAN HALPERN CRITICAL THINGKING ASSESMENT (HCTA) BERDASARKAN PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PjBL) PADA MATERI DINAMIKA ROTASI

Nehru, Nehru and Purwaningsih, Sri (2030) PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MENGGUNAKAN HALPERN CRITICAL THINGKING ASSESMENT (HCTA) BERDASARKAN PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PjBL) PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. Project Report. LPPM Unja, Indonesia.

[img] Text
2.5_Laporan_penelitian_Gerak_rotasi_compressed.pdf

Download (983kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis memiliki makna yang beragam dan luas. Kemampuan berpikir kritis menjadi kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan dalam bidang pendidikan. Keterampilan berpikir kritis berhubungan dengan karakteristik keterlibatan kognitif seseorang, yang sering digambarkan dengan proses berpikir dan pengambilan keputusan yang dialami individu, seperti merumuskan pertanyaan, mengidentifikasi dan memeriksa asumsi, menafsirkan data, menganalisis data, mengevaluasi data dan metode, menarik kesimpulan dari data, mengembangkan penjelasan yang mendukung kesimpulan, dan pengaturan diri. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menilai kemampuan berpikir kritis mahasiswa berdasarkan pembelajaran STEM-Project Based Learning (STEM-PjBL) pada materi dinamika rotasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan desain explanatory. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang menempuh mata kuliah fisika dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara terstruktur. Instrumen tes menggunakan soal berpikir kritis yang disusun berdasarkan indikator Halpern Critical Thingking Assesment (HCTA), sedangkan instrumen wawancara menggunakan open ended question. Analisis data dilakukan dengan menggunakan paired t test atau wilcoxon untuk menilai kemampuan berpikir kritis mahasiswa

Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Purwaningsih
Date Deposited: 04 May 2023 04:44
Last Modified: 04 May 2023 04:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47768

Actions (login required)

View Item View Item