PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN MIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MUATAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 83/1 BAJUBANG

Ana, Nurhidayana PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN MIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MUATAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 83/1 BAJUBANG. JOURNAL OF EDUCATIONAL SCIENCES.

[img] Text
cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
SKRIPSI Nurhidayana_A1D119111.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Halaman persetujuan, Halaman pengesahan.pdf

Download (9kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhidayana. 2019. Penerapan model discovery learning dengan pendekatan MIKiR untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada muatan bahasa Indonesia di kelas III SDN 83/I Bajubang. Skripsi, Program studi pendidikan guru sekolah dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M. Pd (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Pendekatan MIKiR, Keaktifan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik kelas III SDN 83/1 Bajubang. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran kurang terlihat, komunikasi pembelajaran terjadi dengan satu arah, dan tahapan pembelajaran hanya mengacu dari apa yang ada di buku tematik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan model Discovery Learning dengan pendekatan MIKiR pada muatan Bahasa Indonesia di kelas III SDN 83/I Bajubang. Penelitian ini dilakukan di SDN 83/I Bajubang pada Januari-Februari 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model discovery learning dengan pendekatan MIKiR pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I pertemuan I dan II sebesar 42,85%, siklus II pertemuan I 66,66%, pada siklus II pertemuan II sebesar 80% yang mengalami peningkatan sebanyak 13,34%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dengan pendekatan MIKiR dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada muatan bahasa Indonesia di kelas III SDN 83/1 Bajubang. Terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. Keaktifan peserta didik dapat meningkat dengan model discovery learning dengan pendekatan MIKiR.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: NURHIDAYANA
Date Deposited: 08 May 2023 06:35
Last Modified: 08 May 2023 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48009

Actions (login required)

View Item View Item