UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HOTS DAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS III SDN 025/IV KOTA JAMBI

Rahmawati, Desthi UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HOTS DAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS III SDN 025/IV KOTA JAMBI. JOURNAL OF EDUCATIONAL SCIENCES.

[img] Text
SKRIPSI DESTHI RAHMAWATI-084..pdf

Download (6MB)
[img] Text
Cover .pdf

Download (110kB)
[img] Text
lembar Persetujuan,Lembar Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Desthi. 2023. Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menerapkan Model Discovery Learning Berbasis Hots dan Media Audio Visual Kelas III SDN 025/IV Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., (II) Violita Zahyuni S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, HOTS, Media Audio Visual, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SDN 025/IV Kota Jambi karena proses pembelajaran yang dilakukan masih dengan model pembelajaran konvensional dan membuat peserta didik tidak terfokus dalam pembelajaran, peserta didik masih sibuk dengan kegiatannya sendiri saat pembelajaran dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Discovery Learning berbasis HOTS dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Kelas III SDN 025/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 025/IV Kota Jambi pada 27 Januari – 27 Februari 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamatan peserta didik dan lembar pengamatan guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis HOTS dan media Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS dan media audio visual. Dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS dan media audio visual mampu meningkat hasil belajar peserta didik kelas III SDN 025/IV Kota Jambi. Terbukti dari siklus 1 hasil belajar peserta didik 53,3% meningkat pada siklus 2 menjadi 73,3%. Dalam hal ini disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbasis HOTS dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III SDN 025/IV Kota Jambi. Terbukti dengan keberhasilan hasil belajar peserta didik yang meningkat dari siklus 1 dan pada siklus 2.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rahmawati
Date Deposited: 08 May 2023 06:36
Last Modified: 08 May 2023 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48039

Actions (login required)

View Item View Item