Susanti, Agustina and Sufri, Sufri and Sofnidar, Sofnidar PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN THINK-PAIR-SHARE MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 MUARO JAMBI. repository unja. (Submitted)
Full text not available from this repository.Abstract
Kelemahan salah satu model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) yaitu terjadinya silang pendapat dan pemahaman konsep yang salah. Penggunaan bahan ajar seperti modul diharapkan mampu mengatasi kelemahan tersebut. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk modul matematika berbasis pendekatan saintifik menggunakan TPS materi trigonometri di kelas X SMA yang memiliki validitas yang baik serta untuk mengetahui keefektifannya terhadap aktifitas belajar, respon setelah belajar dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket respon dan post tes. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah analisis kevalidan modul, observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan berupa modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan TPS materi trigonometri di kelas X SMA semester genap yang dikembangkan dengan menggunakan prosedur ADDIE. Pada tahap Analyze diperoleh kesenjangan kinerja di lapangan adalah tidak adanya modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan TPS. Pada tahap Design dilakukan perancangan modul yang selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dengan skor 4 masuk kategori “baik” dan ahli desain dengan skor 3,8 masuk kategori “baik”. Pada tahap Development dilakukan pengembangan yang selanjutnya diuji cobakan untuk melihat respon dari guru menggunakan angket respon guru yang memperoleh skor 3,4 dan masuk kategori “baik” dan subjek uji coba peserta didik yang terdiri dari 10 orang diperoleh skor 3,78 dan masuk kategori “baik”. Pada tahap Implement modul diimplementasikan pada satu kelas yaitu kelas X MIPA 5 SMAN 1 Muaro Jambi. Dalam tahap implementasi keefektifan modul dilihat dari angket respon peserta didik yang memperoleh skor kriterium 3,89 masuk kategori “baik”, pengerjaan Post test dimana peserta didik yang tuntas mencapai 80,56% dari seluruh peserta, serta lembar observasi aktifitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran dengan modul berbasis pendekatan saintifik menggunakan TPS berjalan efektif. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Think-Pair-Share, Trigonometri
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AGUSTINA SUSANTI S |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 03:06 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |