Sabirin, Rd. Ahmad PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN SOFTWARE ADOBE DIRECTOR 11.5 PADA MATERI HIDROKARBON ALKANA KELAS XI SMAN 10 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN SOFTWARE ADOBE DIRECTOR 11.5 PADA MATERI HIDROKARBON ALKANA KELAS XI SMAN 10 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (349kB) |
Abstract
Pengembangan multimedia ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas XI IPA di SMAN 10 Kota Jambi dalam memahami materi hidrokarbon alkana. Sementara itu guru juga berpendapat melalui wawancara bahwa siswa masih kurang aktif dan kurang tertarik dalam pembelajaran, sehingganya siswa masih kurang mampu memahami materi dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan dapat menjadi sumber informasi belajar tambahan guna membantu siswa agar dapat lebih memahami konsep materi hidrokarbon alkana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis scientific approach dengan software adobe director 11.5 pada materi hidrokarbon alkana kelas XI SMAN 10 Kota Jambi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa serta untuk mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Produk Hasil Pengembangan divalidasi oleh ahli media dan diimplementasikan pada ujicoba kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskripstif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis scientific approach menurut ahli media layak untuk diujicobakan pada kelompok kecil. Penilaian guru diperoleh rerata skor sebesar 4,27 (sangat baik). Hasil uji coba kelompok kecil didapat persentase respon siswa sebesar 88,8% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik ini dikembangkan dengan menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi, sedangkan penilaian guru terhadap multimedia yang dikembangkan dinyatakan sudah sangat baik serta berdasarkan respon siswa, multimedia ini sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RD AHMAD SABIRIN |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 09:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 09:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |