Keefektifan Penggunaan Teknik Akrostik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Laboratorium UIN STS Jambi

Aisyah, Siti (2023) Keefektifan Penggunaan Teknik Akrostik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Laboratorium UIN STS Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI FULLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
TapScanner 08-05-2023-15꞉21.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah, Siti. 2023. Keefektifan Penggunaan Teknik Akrostik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTS Labor UIN STS Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd., (II) Rahmawati, M.Pd., Kata Kunci: keefektifan, teknik akrostik, puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keefektifan penggunaan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII MTs Laboratorium UIN STS Jambi. Penelitian ini dilakukan di MTs Laboratorium UIN STS Jambi pada Desembeer 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan pretest dan posttest kepada siswa serta wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah data didapat, kemudian data dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistic inferensial berupa uji komparasi yaitu Uji t Berpasangan berbantuan SPSS 26. Hasil dari Uji t Berpasangan adalah nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.00 yang mana angka ini lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest hasil menulis puisi siswa. Penggunaan teknik akrostik dalam pembelajaran menulis puisi, mempermudah siswa menentukan kata pertama dan menemukan kata yang tepat untuk setiap baris puisi yang dibuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik akrostik efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII MTs Laboratorium UIN STS Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan teknik pembelajaran yng bisa menunjang tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Aisyah
Date Deposited: 09 May 2023 02:38
Last Modified: 09 May 2023 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48154

Actions (login required)

View Item View Item