HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

haryati, tutik HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. bimbingan dan konseling. (In Press)

Full text not available from this repository.

Abstract

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI Penulis : Tutik Haryanti NIM : A1E113019 Pembimbing I : Drs. Joni Afri, M.Pd Pembimbing II : Fadzlul S.Psi, M,Psi, Psi ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang memperlihatkan bahwa terdapat peristiwa tentang dua orang siswa yang bertengkar, mereka tidak hanya adu mulut tapi juga saling memukul di tengah lapangan. Setelah ditelusuri oleh pihak sekolah ternyata penyebab pertikaian itu hanya sebuah masalah sepele, yaitu saling pandang. Kejadian lain yang menunjukkan rendahnya penyesuaian sosial pada remaja yaitu terdapat beberapa kasus pemalakan yang dilakukan kakak kelas, serta siswa yang membuat gaduh pada jam pelajaran untuk menarik perhatian guru dan teman-temannya. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi yang berjumlah 140 orang siswa. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 71 orang sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang masing-masing variabelnya diwakili oleh 26 item pernyataan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis statistik Corellations parametrik pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis persentase, diketahui bahwa komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi seluruhnya berada pada kualitas yang baik. Sedangkan hasil analisis korelasi membuktikan bahwa terdapat korelasi memadai antara komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara komunikasi interppersonal dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Hasil tersebut memberikan implikasi terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Dengan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang optimal, maka akan membantu siswa berkatan dengan kemampuan menjalin komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri siswa. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat dikembangkan dengan pelaksanaan layanan konseling kelompok, yang memiliki tujuan umum yaitu meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa, baik dalam berkomunikasi juga menyesuaiakan diri dengan lingkungan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TUTIK HARYATI
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:27
Last Modified: 13 Jul 2018 01:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item View Item