Khasanah, Nur Khalimatul (2023) ANALISIS PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAHAN.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
2019_Skripsi_Nur Khalimatul Khasanah.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Khasanah, Nur Khalimatul. 2023. Analisis Perancangan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd., (II) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd.,M.Pd., Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Kurikulum merdeka. Perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka merupakan bagian bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Modul Ajar disusun oleh setiap guru dan juga di tanda tangani oleh Kepala Sekolah. Dengan adanya Modul Ajar tersebut dapat meringankan dan memudahkan guru dalam menyusunnya karena hanya terdiri dari beberapa komponen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perancangan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Peneitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 15/IV Kota Jambi. Subjek penelitian adalah guru kelas I dan guru kelas IV. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penalrikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang modul ajar guru perlu menentukan identitas modul dengan mengisi nama penyusun modul, jenjang sekolah, kelas, semester, mata pelajaran, alokasi waktu, dan tahun pelajaran. menetukan profil pelajar pancasila, menentukan metode, menentukan model pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran berdasarkan identifikasi capaian pembelajaran, identifikasi materi pelajaran, menentukan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan rancangan materi, metode pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar, sarana dan prasarana, menentukan refleksi dengan kegiatan yang mendorong peserta didik bisa mengungkapkan dengan jujur dan terbuka apa saja hal positif dan negatif dari aktivitas pembelajaran, dan menentukan asesmen dilakukan dengan cara memperhatikan keselarasan dengan tujuan pembelajaran yang merujuk pada kurikulum yang digunakan oleh satuan pendidikan, yang dimuat dalam perencanaan pembelajaran dan Pemilihan pengembangan instrumen penilaian dengan mempertimbangkan karakteristik kebutuhan peserta didik berdasarkan rencana penilaian yang termuat dalam perencanaan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, Kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Khasanah |
Date Deposited: | 09 May 2023 03:11 |
Last Modified: | 09 May 2023 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |