Wulandari, Indi Rizki (2023) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case Study dengan Mengintegrasikan QR Code pada Materi Basidiomycota. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (319kB) |
Abstract
Wulandari, Indi, Rizki. 2023. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case Study dengan Mengintegrasikan QR Code pada Materi Basidiomycota. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Harlis, M. Si., Pembimbing (II) Dara Mutiara Aswan, M. Pd. Kata Kunci : Bahan ajar, Jamur, ADDIE, Flip PDF Professional Mikologi merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, salah satu materi yang dianggap cukup sulit yaitu materi Basidiomycota. Kesulitan tersebut dikarenakan materi Basidiomycota memiliki banyak spesies, terdapat banyak istilah, dan kurangnya bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai dan untuk memaksimalkannya dibantu dengan bahan ajar. Sehingga dilakukan pengembangan e-modul interaktif berbasis case study dengan mengintegrasikan QR Code pada materi Basidiomycota. Tujuan dari pengembangan e-modul interaktif berbasis case study dengan mengintegrasikan QR Code pada materi Basidiomycota adalah untuk mengetahui hasil pengembangan produk, mengetahui kelayakan produk, dan mengetahui respon dosen dan mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan validasi oleh ahli media mendapatkan persentase akhir sebesar 96,67% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya produk diujicobakan pada mahasiswa yang terdiri dari kelompok kecil sebanyak 6 orang dan kelompok besar sebanyak 15 orang. Respon mahasiswa pada ujicoba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 89,44% dengan kategori “Sangat Baik” sedangkan pada kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 92,78% dengan kategori “Sangat Baik”. Pada hasil respon dosen mata kuliah mikologi memperoleh persentase sebesar 89,77% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, Jamur, ADDIE, Flip PDF Professional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Wulandari |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:55 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |