Manullang, Hiskia Irfan Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Asam-Basa. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Asam-Basa.
Text
ARTIKEL A1C114028.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang ada di sekolah dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak terangsang untuk berpikir kritis. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model PBL serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam-basa di SMA Xaverius 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Pra-Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa serta tes kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis dengan uji t untuk melihat keterlaksanaan model PBL dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persentase keterlakasanaan model PBL oleh guru sebesar 88,54% (sangat baik) dan siswa sebesar 83,04% (sangat baik). Hubungan keterlaksanaan model PBL dan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy= 0,489 dengan tingkat hubungan pada kategori sedang dan uji t untuk melihat signifikansi antara keterlaksanaan model PBL dan berpikir kritis siswa sebesar 2,63, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima. Pada uji-t diperoleh thitung = 2,63 dan ttabel = 2,08 dengan dk 21 dan = 0,05, maka thitung > ttabel atau (2,63 > 2,08) dengan dk=23-2=21, pada derajat signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan asam – basa di kelas XI SMA Xaverius 2 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HISKIA IRFAN MANULLANG |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 05:51 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 05:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4824 |
Actions (login required)
View Item |