Saputra, Aldi and Nainggolan, Saidin and Sri Nurchaini, Dewi (2023) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN SEGAR DI PASAR MODERN KOTA JAMBI. Universitas Jambi. pp. 1-12. ISSN 1234 (Unpublished)
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL ALDI.pdf Download (637kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menggambarkan Karakteristik konsumen sayuran segar di pasar modern Kota Jambi, 2). Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sayuran segar di Pasar Modern Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar modern yang ada di Kota Jambi. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan menggunakan pendekatan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan 1) Berdasarkan Usia, menunjukkan sebagian besar konsumen berusia 31-35 tahun sebanyak (71,42 %), etnis yang paling banyak berbelanja sayuran segar di pasar modern adalah Etnis Tionghoa (54,28 %), prioritas tempat berbelanja pada pasar modern sebanyak (74,28 %), Konsumen mengganggap mengkonsumsi sayuran sangat penting sebanyak (68,57 %), konsumen mengkonsumsi sayuran segar sebagai pelengkap menu makanan sebanyak (65,71 %), istri merupakan pengambil keputusan pembelian sayuran di pasar modern sebanyak (57,14 %), konsumen memutuskan pembelian sayuran segar di pasar modern konsumen secara terencana sebanyak (77,14 %), Frekuensi konsumen dalam berbelanja sayuran segar di pasar modern Kota Jambi dilakukan setiap hari yaitu sebanyak (62,85 %), janis sayuran yang sering dikonsumsi yaitu jenis sayuran daun yaitu sebanyak (42,85 %). 2). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sayuran segar di pasar modern adalah faktor internal dan Faktor eksternal secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel moderasi sayuran segar dan perilaku konsumen, dan faktor eksternal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumen, serta faktor internal dan faktor eksternal yang dimoderasi variabel sayuran segar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. Variabel moderasi sayuran segar secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Saputra |
Date Deposited: | 10 May 2023 07:10 |
Last Modified: | 10 May 2023 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |