PENGARUH KEGIATAN MENGAKSES FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP N 15 KOTA JAMBI

DWITA, RIZKI PENGARUH KEGIATAN MENGAKSES FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP N 15 KOTA JAMBI. BIMBINGAN DAN KONSELING. (In Press)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH rizky.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Kegiatan Mengakses Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa diKelas VIII SMP Negeri 15 Kota Jambi Nama Mahasiswa : RIZKI DWITA NIM : ERA1D012033 Dosen Pembimbing : 1. Dr. Akmal Sutja, M.Pd. 2. Drs.TumewaPangaribuan, M.Pd Kata Kunci : Kegiatan Mengakses Facebook, Hasil Belajar Siswa Kegiatan mengakses facebook adalah membuka situs jejaring sosial facebook yang dilihat dari kegiatan mengakses, tujuan mengakses dan dari manfaat fasilitas facebook yang digunakan untuk kehidupan pribadi atau bermasyarakat.sedangkan Hasil belajar yang dimaksud yaitu tujuan akhir dilaksanakannya kegiatan pembelajaran di sekolah yang dilihat dalam bentuk angka- angka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kegiatanmengaksesfacebookterhadaphasilbelajarsiswakelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Jambi. Penelitian ini hanya ditujukan kepada siswa kelas VIII A, VIII C, VIII F di SMP Negeri 15 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, C, F SMP N 15 Kota Jambi yang berjumlah 64 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan alternatif jawaban “Ya – Tidak” sebanyak 36 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, uji signifikansi dengan uji t dan uji koefisien determinan. Temuan pada penelitian ini dari hasil pengolahan data secara umummenunjukkan bahwa perhitungan thitung sebesar 12,777 lebih besar dari pada ttabel (dk = 62) yaitu 1,999 taraf signifikan 5%, jadi thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho di tolak. Dengan kata lain menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) untuk pengujian kedua variabel. Sementara itu, hasil akhir dari pengolahan angket yang diisi oleh 64 responden tersebut diperoleh nilai determinasi 0,176 (17,6%). Dari perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 17,6%. Dengan kata lain dapat diartikan bahwa 17,6% dari variabel hasil belajar (Y) dipengaruhi oleh variabel kegiatanmengaksesfacebook (X). Dengan ditemukannya hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kegiatan mengakses facebook terhadap hasil belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 15 Kota Jambi. Pada setting sekolah terdapat beberapa komponen pendidikan yang harus bekerja sama dengan baik dan itu wajib dilakukan oleh guru pembimbing dengan kedua orangtua siswa dan dengan lingkungan masyarakat agar tercapainya perkembangan siswa secara optimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIZKI DWITA
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:26
Last Modified: 13 Jul 2018 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item