DESAIN FILM ANIMASI 3D MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN KONTEKS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP

Cahyani, Melati Putri (2023) DESAIN FILM ANIMASI 3D MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN KONTEKS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Pendidikan matematika.

[img] Text
Abstrak-1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (435kB)
[img] Text
A1C219080_Melati Putri Cahyani_Skripsi-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat Self-Efficacy siswa kelas VIII C SMP Negeri 9 Kota Sungai Penuh. Halini dibuktikan dengan pengisian angket awal Self-Efficacy siswa yang disebarkan pada saat observasi, untuk kategori sangat tinggi (12%), tinggi (15%), sedang (23%) , rendah (27%), dan sangat rendah (23%). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran film animasi 3D dan untuk mengetahui kelayakan film animasi 3D matematika berbasis android dengan konteks budaya jambi dalam meningkatkan Self-Efficacy siswa kelas VIII SMP ditinjau dari kevalidan,kepraktisan, dan keefektivan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdapat lima tahapan pengembangan,yaitu analisis, perancangan,pengembangan implementasi dan terakhir evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 9 Kota Sungai Penuh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa desain Film Animasi 3D Matematika Berbasis Android Dengan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Self- efficacy. Tingkat kevalidan dari aspek desain 85,33% (Sangat Valid), dan tingkat kevalidan dari ahli materi 84% (Sangat Valid), tingkat kepraktisan oleh guru 90% (Sangat Praktis) dan tingkat kepraktisan kelompok kecil 88,54% (Sangat Praktis), dan tingkat keefektifan untuk angket akhir keyakinan diri peserta didik diperoleh sebesar 100% (Sangat Efektif) Sehingga dapat diketahui bahwa Film Animasi 3D layak untuk digunakan sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan self-effiicacy matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: N
Date Deposited: 10 May 2023 06:29
Last Modified: 10 May 2023 06:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48294

Actions (login required)

View Item View Item