Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak 5-6 tahun di Tk Al-Furqon kecamatan Sekernan

Bunga lestari, Esi (2023) Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak 5-6 tahun di Tk Al-Furqon kecamatan Sekernan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER ESI .pdf

Download (167kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
088_ Esi Bunga Lestari_ skripsi terbaru ( FIKS)-1 (2) NIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & pengesahan .pdf

Download (168kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak 5 - 6 tahun di TK Al Furqon Kecamatan Sekernan yang masih belum berkembang.  Konsep bilangan merupakan konsep dasar matematika yang sangat penting untuk di kenalkan sejak dini karena ini menjadi dasar untuk konsep matematika selanjutnya.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak 5 sampai 6 tahun di TK Al Furqon Kecamatan sekernan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah pre eksperimental  design dengan bentuk one Group pret-test & post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah  anak kelompok B  yang berjumlah 20 anak dan teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh di mana semua populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah anak sebanyak 20 anak.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 uji yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis berdasarkan hasil Analisis ini diperoleh nilai t hitung sebesar ( 31,896 ) > t tabel (/1 101 ). t tabel didapatkan dari n-18 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai/1101. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Penerapan Metode Proyek Terhadap Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Anak 5-6 Tahun Di Tk Al-Furqon Kecamatan Sekernan telah terbukti benar. Kata Kunci : Pengaruh Metode Proyek, Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Abstract This research is motivated by the results of observations of researchers in the field which show that the ability to recognize the concept of numbers in children 5-6 years old at TK Al Furqon, Sekernan District, is still underdeveloped. The concept of number is a basic concept of mathematics which is very important to be introduced from an early age because it becomes the basis for further mathematical concepts. The aim of this study was to determine the effect of the project method on the ability to recognize the concept of number in children 5 to 6 years old in Al Furqon Kindergarten, Sekernan District. research used in this research is quantitative by using experimental methods. The experimental method used was a pre-experimental design in the form of one group pret-test & post-test design. The population in this study were group B children with a total of 20 children and the sampling technique in this study used a saturated sample where all populations were used as samples with a total of 20 children. The data analysis technique used in this study used 3 tests, namely the normality test, homogeneity and hypothesis testing. Based on the results of this analysis, the t count value was (31.896) > t table (2, 101). t table obtained from n-18 which in the t table distribution obtained a value of 2.101. The data shows a significant influence, so that Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study is that there is an effect of applying the project method on the ability to recognize the concept of numbers for

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 11 May 2023 02:13
Last Modified: 11 May 2023 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48296

Actions (login required)

View Item View Item