Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Sman 9 Kota Jambi

-, Wijiati (2023) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Sman 9 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
WIJIATI_A1C119084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan tingkat berpikir peserta didik sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Model TPS adalah salah satu model yang dapat melatih dan membantu kemampuan berpikirpeserta didik. Model TPS dapat diterapkan pada materi asam dan basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model TPS pada materi larutan asam dan basa dan pengaruhnya terhadap kemampuan hasil belajar peserta didik di kelas XI MIPA 3 SMAN9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini Deskriptif Korelasional. Desain yang digunakan Mix-Method. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model TPS aktivitas pendidik dan peserta didik serta tes uraian untuk melihat kemampuan berpikir/hasil belajar peserta didik. Cara pengujian hipotesisnya dengan mencari korelasi antara keterlaksanaan model TPS dengan hasil belajar menggunakan rumus korelasi produk moment yang selanjutnya dilihat signifikan pengaruhnya. Keterlaksanaan model TPS peserta didik dalam kategori baik dengan rata-rata persentase setiap pertemuannya 73,57% dan hasil tes uraian peserta didik sebesar 84,42% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model TPS dengan hasil belajar peserta didik dikategorikan pada tingkat hubungan sedang berdasarkan nilai analisis korelasinnya yaitu 0,4018. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model TPS oleh pendidik dan peserta didik mengalami peningkatan dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi asam dan basa kelas XI MIPA 3 SMAN 9 Kota Jambi. Kata Kunci : Model TPS, Think Pair Share, Hasil Belajar, Asam Basa

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model TPS, Think Pair Share, Hasil Belajar, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: WIJIATI
Date Deposited: 10 May 2023 07:49
Last Modified: 23 Jul 2024 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48297

Actions (login required)

View Item View Item