Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 1 Kota Jambi

MELINA, ATIKA Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 1 Kota Jambi. BIMBINGAN DAN KONSELING. (In Press)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi :Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 1 Kota Jambi Oleh : Atika Melina Nim : RRA1E113043 Pembimbing I : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing II : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok Kepercayaan diri merupakan keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh siswa dalam megikuti kegiatan belajar mengajar karena aspek kepercayaan diri siswa mempengaruhi dalam setiap proses belajarnya. Kepercayaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapatnya dalam kelas. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kota Jambi dalam mengemukakan pendapat sebelum pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan metode experiential learning,Untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kota Jambi dalam mengemukakan pendapat setelah pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan metode experiential learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen, subyek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang diambil menggunakan teknik pursesive sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat, hal ini ditunjukkan dari hasil angket kepercayaan diri yang diperoleh dari kondisi awal sebelum diberi tindakan skor rata-rata 52,6% menjadi 58,5% pada pertemuan I dan II, pada pertemuan III dan IV meningkat menjadi 75,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik experiential learning dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ATIKA MELINA
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:26
Last Modified: 13 Jul 2018 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4830

Actions (login required)

View Item View Item