PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

HARAHAP, YUNI APRIANI PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
jurnal.pdf

Download (183kB)
[img] Text
jurnal.pdf

Download (183kB)

Abstract

Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi Oleh: Yunni Apriani Harahap. May Maemunah, Siti Syuhada Kata Kunci: Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Fasilitas Belajar Siswa di Rumah ABSTRAK Untuk meningkatkan minat belajar, pihak sekolah memberikan beberapa alternatif kegiatan demi merangsang minat belajar siswa. Akan tetapi, kenyataanya setelah alternatif tersebut diberikan minat belajar siswa tidak mengalami kemajuan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor tersebut diantaranya adalah kondisi sosial ekonomi keluarga dan fasilitas belajar siswa di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1 pengaruh kondisi social ekonomi keluarga terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi (2) pengruh fasilitas belajar siswa di rumah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi (3) pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan fasilitas belajar siswa di rumah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 85 orang yaitu siswa SMA Negeri 7 Kota Jambi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket kemudian diolah secara statistik dengan bantuan program SPSS for windows 23. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Hal ini sesuai dengan nilai regresi sebesar 0,268 dengan nilai sig. (probabilitas) menunjukkan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh fasilitas belajar siswa di rumah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Hal ini berdasarkan hasil korelasi sebesar 0,944 dengan nilai sig. (probabilitas) menunjukkan 0,000 < 0,05. Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan fasilitas belajar siswa di rumah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian dimana koefisien regresi ganda (simultan) sebesar 0,941. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada semua pihak terutama guru agar dapat mengarahkan orang tua siswa supaya lebih memperhatikan kondisi social ekonomi keluarga dan fasilitas belajar siswa di rumah karena itu akan berpengaruh kepada minat belajar siswa tersebut. .

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YUNI APRIANI HARAHAP
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:59
Last Modified: 16 Jul 2018 07:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item