PENERAPAN METODE REMBUK KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JAMBI

Napitupulu, Dompak MT and Hafids, Sahrial and YANITA, MIRAWATI and Elwamendri, Elwamendri and Yernisa, Yernisa (2021) PENERAPAN METODE REMBUK KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JAMBI. LPPM UNJA. (Unpublished)

[img] Text
2021 - Metode Rembuk Kelompok.pdf

Download (301kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang berjalan sangat pesat harus direspon oleh seluruh komponen dalam system pembangunan termasuk di bidang pendidikan. Pendidikan Tinggi sebagai salah satu sarana peningkatan sumberdaya manusia harus selalu siap mengikuti perkembangan pembangunan sebagai dampak dari perkembangan teknologi. Perubahan harus terlihat pada setiap darma yang diemban oleh perguruan tinggi dalam melaksanakanvisi untuk mewujudkan visi yang hendak dicapai. Salah satu metode Pendidikan yang masih sangat khas mewarnai proses pembelajaran dalam kelas yang dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Jambi adalah Metode Ceramah yang disertai dengan penugasan kerja untuk menimbulkan motivasi untuk memperoleh nilai terbaik. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi dampak metode Metode Rembuk Kelompok Kecil terhadap hasil capaianmahasiswa dalam Mata Kuliah Kewirausahaan pada Program Studi Teknologi Ilmu Pertanian dan Mata Kuliah Perdagangan Internasional pada Program Studi Agribisnis di Fakultas Pertanian Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dalam kegiatan proses belajar mengajar terlihat meningkat. Dengan metode kelompok kecil menyebabkan setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk memperoleh informasi terkait materi kuliah yang diajarkan secara mandiri dan berkelompok serta termotivasi untuk ikut berdiskusi.

Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Sahrial
Date Deposited: 12 May 2023 01:38
Last Modified: 12 May 2023 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48599

Actions (login required)

View Item View Item