IMPLEMENTASI INOVASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING DAN COLLABORATIVE UNTUK PEMAHAMAN MATA KULIAH RISET OPERASI DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JAMBI

YANITA, MIRAWATI and Hafids, Sahrial and Sari, Fenny Permata (2021) IMPLEMENTASI INOVASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING DAN COLLABORATIVE UNTUK PEMAHAMAN MATA KULIAH RISET OPERASI DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS JAMBI. LPPM UNJA. (Unpublished)

[img] Text
2021 - PjBL RO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Implementasi Inovasi Metode Pembelajaran Berbasis Project-Based Learning dan Collaborative Untuk Pemahaman Mata Kuliah Riset Operasi Di Fakultas Pertanian Universitas Jambi ” yang diusulkan pada skema Penelitian Inovasi Pembelajaran pada tahun 2021 ini bertujuan1. Menerapkan metode pembelajaran Project Based learning dan collaborative team Kecil pada proses pembelajaran pada Mata Kuliah Riset Operasi di Program Studi TIP Fakultas Pertanian – Universitas Jambi. 2. Mengevaluasi dampak Metode Pembelajaran project beased learning dan collaborative terhadap aktivitas mahasiswa dalam proses belajar mengajar Mata Riset Operasi pada program TIP Fakultas Pertanian – Universitas Jambi. 3. Mengevaluasi dampak Metode Pembelajaran PBL dan collaborative terhadap capaian pembelajaran mahasiswa dalam proses belajar mengajar Mata Kuliah Riset Operasi di di Program Studi TIP Fakultas Pertanian – Universitas Jambi Dengan menerapkan kombinasi metode Pembelajaran Project Based learning dan Collaborative based Learning diharapkan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Riset Operasi dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses belajar mengajar di Pendidikan Tinggi. Luaran penelitian tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai acuan yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan akademisi pendidik dan pihak lain yang berkepentingan dengan pembangunan pendidikan di tingkat Pendidikan Tinggi yang terintegrasi dengan pelaksanaan pembelajaran MB-KM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua mahasiswa terbiasa dengan metode PBL dan collaborative team ini. Hal ini dikarenakan- mahasiswa terbiasa hanya menerima apa yang diberikan oleh dosen dalam bentuk perkuliahan dengan metode ceramah. Mahasiswa terbiasa pasif dan kurang komunikatif, dikarenakan dalam metode PJBL ini mahasiswa dalm satu team melakukan semacam mini riset berdasarkan kondisi riil yang ada di lapangan. Selanjutnya dampak Metode Pembelajaran project based learning dan collaborative terhadap aktivitas mahasiswa dalam proses belajar mengajar Mata Riset Operasi pada program TIP Fakultas Pertanian – Universitas Jambi cukup baik, berdasarkan keaktifan mahasiswa dalam PBM. Hasil survey menunjukkan dari 30 mahasiswa hanya 64 persen yang aktif dan sisanya mengandalkan ketua kelopok atau anggota yang lain. Dari sisi dampak Metode Pembelajaran PBL dan collaborative terhadap capaian pembelajaran mahasiswa dalam proses belajar mengajar Mata Kuliah Riset Operasi di di Program Studi TIP Fakultas Pertanian – Universitas Jambi, metode ini sangat baik untuk mem[eroleh CPL sebagai dasar MK lanjutan di semeeter berikutnya. Ke depan perlu dilakukan sosialisasi lagi dan memebrikan pemahaman ke[ada mahasiswa serta kesiapan dosen dalam perangkat pembelajaran dengan metode PL dan collaborative ini.

Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Sahrial
Date Deposited: 12 May 2023 01:34
Last Modified: 12 May 2023 01:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48602

Actions (login required)

View Item View Item