Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi

Hanindiya, Nur Azmi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (185kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (553kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nur Azmi Hanindiya, 2023 Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd. (II) Rahmawati, M.Pd. Kata Kunci: gambar berseri, kemampuan menulis, teks fabel Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Data penelitian ini didapat dari hasil tes yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah data diperoleh, data diolah menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan hasil menulis siswa setelah diberikan perlakuan berupa media gambar berseri pada kelas eksperimen. Pada hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 66.39, sedangkan kelas post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 89.72. Hal ini menunjukan adanya pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi. Dari hasil tersebut, disarankan agar pembelajaran menulis teks fabel perlu menggunakan media gambar berseri untuk meningkatakan kemampuan menulis siswa. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran yang lain sehingga mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang pendidikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gambar berseri, kemampuan menulis, teks fabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: HANINDIYA
Date Deposited: 12 May 2023 06:28
Last Modified: 12 May 2023 06:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48624

Actions (login required)

View Item View Item