PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATAPELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH KOTA JAMBI

Jannah, Izzatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATAPELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
halamn pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (335kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (449kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di MTs Muhammadiyah Kota Jambi terdapat sebuah permasalahan yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Masalah yang terdapat dalam penulisan ini guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovasi, dan tidak pernah menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry dalam proses pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jurisprudential inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kota Jambi tahun pelajaran 2022/2023 dalam belajar mata pelajaran PPKn. Penulisan ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental design rancangan penelitian nonequivalent control group design. Yang menjadi populasi adalah kelas VIII MTs Muhammadiyah Kota Jambi, dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol, yang jumlah keseluruhan siswanya 32 siswa. Sedangkan data diperoleh dengan cara menyebarkan tes berupa soal uraian kepada siswa. Setelah jawaban dari tes soal didapatkan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Teknik analisis data dalam penulisan ini adalah uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jurisprudential inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil analisis data N-Gain nilai mean kelas eksperimen sebesar 44,73 nilai tersebut termasuk kategori N-Gain sedang. Dan kelas kontrol memperoleh nilai mean sebesar 19,16 yang tergolong kategori N-Gain kurang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah melakukan uji hipotesis menggunakan t-test independent sample diperoleh nilai thitung>ttabel (2,224>2,042) dengan taraf 5% artinya kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry memiliki pengaruh yang signifikan, dimana diperoleh sig.(2-tailed) 0,034>0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran jurisprudential inquiry terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada mata pelajaran PPKn kelas VIII MTs Muhammadiyah Kota Jambi. Model pembelajaran jurisprudential inquiry terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu sebaiknya dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran pendidik dapat menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry, hal ini dilakukan agar kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran agar mengalami perubahan yang lebih baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Jannah
Date Deposited: 15 May 2023 01:52
Last Modified: 15 May 2023 01:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48639

Actions (login required)

View Item View Item