Akbar, Deni Saputra (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP SIKAP DEMOKRASI DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (321kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (299kB) |
|
Text
SKRIPSIII FULL TEKS DENI SAPUTRA AKBAR A1A319056 PPKn .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan pada perolehan data pengamatan awal yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi terdapat sebuah permasalahan yaitu rendahnya sikap demokrasi yang dimiliki oleh siswa. Masalah yang terdapat dalam penelitian terjadi karena guru atau pendidik masih menerapkan suatu metode pembelajaran konvensioanal sehingga pembelajran masih berjalan belum menarik. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk memahami atau mengetahui pengaruh model pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (VCT) mempengaruhi sikap demokrasi dalam pelajaran PPKn untuk siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Muaro di Jambi. Dalam pembelajaran PPKn, paradigma Teknik Klarifikasi Nilai digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan sikap demokratis. Dalam pelaksanaan penelitian ini, metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang digunakan. Salah satu sekolah yang menjadi tempat dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA Negeri 8 Muaro Jambi, yang menggunakan dua kelas sebagai kelompok sampel yaitu memiliki jumlah siswa sebanyak 69. kemudian tenik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner atau angket yang telah divalidasi sebelumnya agar tidak menimbulkan pernyataan butir yang tidak sesui kemudian selanjutnya di berikan kepada siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji t pretes dan postes dan Uji N-Gain untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (VCT) bagi siswa terhadap sikapdemokrasi. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah hasil skor N-Gain menunjukan bahwasannya rerata nilai skor N-Gain kelas eksperimen adalah sebesar 71,103 yang tergolong tinggi sedangkan pada kelas kontrol adalah 5.528 yang termasuk kategori rendah, data yang di peroleh pada saat melakukan uji t independen, diketahui bahwa tingkat signifikansi dua sisi adalah 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05) jika indeks normalitas dan homogenitas juga berdistribusi normal dan homogen. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan pada Ha diterima. Sehingga penerapan model pembelajaran VCT dapat mempengaruhi sikap demokrasi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. ABSTRACT Based on the acquisition of initial observation data carried out at SMA Negeri 8 Muaro Jambi, there is a problem, namely the low democratic attitude of students. The problem in this research occurs because the teacher or educator still applies a conventional learning method so that learning is still not interesting. The purpose of conducting this research is to understand or find out the influence of the Value Clarification Technique (VCT) learning model on democratic attitudes in Civics lessons for class X IPS students at SMA Negeri 8 Muaro in Jambi. In Civics learning, the paradigm of the Values Clarification Technique is used to increase democratic understanding and attitudes. In carrying out this research, a quantitative research methodology with the type of experiment used. One of the schools in this study was class X IPS at SMA Negeri 8 Muaro Jambi, which used two classes as the sample group, namely having a total of 69 students. Then the data collection technique used in this study was using a questionnaire or questionnaire that had been previously validated so as not to cause item statements that are not in accordance and then given to students. The data analysis method used in this study was the pretest and posttest t test and the N-Gain test to determine the use of the Value Clarification Technique (VCT) learning model for students towards democratic attitudes. The results of the data analysis in this study were the results of the N-Gain score showing that the average N-Gain score for the experimental class was 71.103 which was high while in the control class it was 5.528 which was included in the low category. The data obtained when conducting an independent t test, it is known that the two-sided significance level is 0.00 or less than 0.05 (0.00<0.05) if the normality and homogeneity indices are also normally distributed and homogeneous. It can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. So that the application of the VCT learning model can influence the democratic attitudes of class X IPS students at SMA Negeri 8 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VCT (Value Clarification Technique), Sikap Demokrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Akbar |
Date Deposited: | 15 May 2023 01:53 |
Last Modified: | 15 May 2023 01:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48642 |
Actions (login required)
View Item |