PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA SISWA BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA SMP

Yohana Sianturi, Thentria PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA SISWA BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA SMP. PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA SISWA BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA SMP.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.docx

Download (438kB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Artikel.pdf

Download (445kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar untuk siswa berbasis budaya Jambi pada materi kekongruenan dan kesebangunan untuk meningkatkan kreativitas berpikir di kelas IX SMP dan untuk mengetahui kualitas buku ajar yang dikembangkan tersebut. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkandengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Pertama melakukan analisis kompetensi, analisis karakteristik peserta didik dan analisis materi. Selanjutnya menyusun desain buku ajar, validasi ahli, uji coba produk hingga impelementasi buku ajar. Pada setiap tahap akan dilakukan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Jambipada Januari-Februari 2018. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang ditujukan untuk mengetahui kualitas buku ajar menurut kriteria Nieveen yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kriteria kevalidan dengan menggunakan angket validasi materi dan desain, kepraktisan dengan dengan menggunakan angket penilaian guru dan siswa. Serta keefektifan dengan menggunakan tes hasil belajar. Setelah angket dikembalikan, data angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar untuk guru yang dikembangkan dikatakan memenuhi kriteria kevalidan yang dilihat dari validasi materi sebesar 4,8 dengan kategori sangat baik dan validasi desain sebesar 4,14 dengan kategori baik. Untuk kriteria kepraktisan telah terpenuhi berdasarkan hasil penilaian guru sebesar 3,81 dengan kategori baik dan hasil penilaian siswa rata-rata sebesar 4,14 dengan kategori baik. Sedangkan untuk keefektifan terpenuhi berdasarkan test hasil belajar dengan indikator kreativitas yang meningkat dilihat dari perhitungan uji gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar untuk guru hasil pengembangan telah memenuhi kualitas buku ajar yang baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Depositing User: THENTRIA YOHANA SIANTURI
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:02
Last Modified: 16 Jul 2018 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4867

Actions (login required)

View Item View Item