Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multipel Representasi Materi Koloid

Haryati, Rizki (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multipel Representasi Materi Koloid. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Rizki Haryati_A1C119004-halaman-1-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi_Rizki Haryati_.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi_Rizki Haryati_A1C119004-14-21.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 5 Skripsi_Rizki Haryati_A1C119004-101-102.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Dafus Skripsi_Rizki Haryati_A1C119004-103-107.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Skripsi_Rizki Haryati_A1C119004-halaman-3-4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rizki Haryati_A1C119004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran interaktif dapat menarik minat belajar siswa terlebih media yang dikembangkan simple dan praktis karena berbasis website. Koloid merupakan bagian konsep dari materi kimia yang melibatkan fenomena pada tingkat mikroskopik. Multipel representasi merupakan suatu pembelajaran yang memanfaatkan berbagai mode representasi untuk memfasilitasi keterhubungan tiga level representasi kimia yaitu makroskopik, mikroskopik dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi materi koloid, serta mengetahui kelayakan secara konseptual dan praktisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan). Model pengembangan yang digunakan yaitu model Lee and Owens. Meliputi lima langkah penelitian yaiutu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implement (implementasi), Evaluate (evaluasi). Uji coba dilakukan di SMAN 9 Kota Jambi. Hasil validasi ahli materi dan ahli media masing-masing memperoleh nilai rata-rata skor 4,5 dan 4,57 dengan kriteria “sangat layak”. Penilaian guru memperoleh nilai rata-rata skor 4,71 dengan kriteria “sangat layak”. Serta respon siswa pada uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil masing-masing memperoleh nilai persentasi 90,2% dan 89,4% dengan kriteria “sangat layak”

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Multipel Representasi, dan Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Haryati
Date Deposited: 15 May 2023 01:50
Last Modified: 15 May 2023 01:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48670

Actions (login required)

View Item View Item