ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA N 7 KOTA JAMBI

Hayati, Nurul ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA N 7 KOTA JAMBI. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA N 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
Artikel_Ilmiah_(1)[1].pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan belajar tuntas pada siswa. Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar, remedial merupakan solusi yang bisa diberikan oleh guru untuk siswa tersebut. Metode tutor sebaya merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran remedial karna dapat mengatasi masalah-masalah yang timbul selama proses pembelajaran remedial. Jenis penelitian ini adalah mix method dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif desain mix method yang digunakan adalah jenis concurrent embedded. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan model dan soal post test essay. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu teknik analisa data kualitatif menggunakan Miles and Huberman, dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan korelasi Product Moment dilanjutkan dengan uji-t. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan tutor sebaya dikategorikan baik, ditinjau dari guru, tutor maupun siswa.. Rata-rata aktivitas guru 80%, aktivitas tutor 78,7% dan aktivitas siswa 77,5%.Hasil uji korelasi antara keterlaksanaan model oleh siswa dengan hasil belajar diperoleh rxy=0,875dengan kategori hubungan sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan tutor sebaya berjalan dengan baik serta terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi pereaksi pembatas kelas X MIA SMA N 7 Kota Jambi. Kata Kunci: Pembelajaran Remedial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Pereaksi Pembatas

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURUL HAYATI
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:02
Last Modified: 16 Jul 2018 08:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item