PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DI SMP BAITURRAHIM KOTA JAMBI

Asokawati, Sonya (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DI SMP BAITURRAHIM KOTA JAMBI. S2 thesis, Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Tesis Sonya Asokawati P2A521004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
1 COVER 1.pdf

Download (19kB)
[img] Text
lembar halaman pengesahan.pdf

Download (883kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (26kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Sonya, A. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatifitas Peserta Didik pada Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan di SMP Baiturrahim Kota Jambi. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. Pembimbing II. Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si. Pembelajaran efektif biasanya diukur dan ditandai pada tingkat ketercapaian tujuan oleh beberapa peserta didik, seperti dapat memahami sistem pendidikan abad 21, yang bertujuan membangkitkan kemampuan intelegensi, maka peserta didik dapat menuntaskan permasalahan yang ada disekitarnya. Model Pembelajaran PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu memenuhi tujuan pendidikan abad ke-21, dalam skenario pembelajarannya, PBL melibatkan prinsip-prinsip 4C yaitu, critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Model pembelajaran PBL dapat merangsang peserta didik untuk mencari penyelesaian dan mengenal dari masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatifitaspeserta didik pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan teknik pengambilan sampel non-random assignment. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas IX SMP Baiturrahim Jambi, yang berjumlah dua kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah 40 orang peserta didik yang terbagi masingP-masing dari kelas IX-A dan kelas IX-B. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling atau sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi kreatifitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu 0,09 > 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima, artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta, sedangkan pada kreatifitas peserta didik memperoleh nilai signifikansi lebih besar daripada nilai α 0,22 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kreatifitaspeserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatifitaspeserta didik. Peneliti menyarankan untuk menggunakan materi dan mengukur kemampuan belajar lainnya, serta menggunakan model PBL dengan pendekatan, metode ataupun media pembelajaran yang bervariatif. Kata Kunci : Model pembelajaran PBL, kemampuan berpikir kritis, kreatifitas, sistem perkembangbiakan tumbuhan

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Asokawati
Date Deposited: 15 May 2023 04:16
Last Modified: 15 May 2023 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48699

Actions (login required)

View Item View Item