Alfarizi, Himaldhi (2023) PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Text
COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
bab10200017293.pdf Download (93kB) |
|
Text
bab50200017293.pdf Download (69kB) |
|
Text
daftarpustaka0200017293.pdf Download (81kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan PENGESAHAN.pdf Download (81kB) |
|
Text
A1D119088_ SKRIPSI ALDI FIX-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Alfarizi, Himaldhii 2023. Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Suci Hayati,S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : LKPD, Discovery Learning Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prosedur mengembangkan LKPD interaktif berbasis model discovery learning (2) Mengetahui tingkat validitas LKPD interaktif berbasis model discovery learning dan (3) Mengetahui kepraktisan dari LKPD interaktif berbasis model discovery learning . Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (analysis, design, development or product, implementation or Delivery and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, validasi bahasa dan validasi media. Selain itu, data penelitian juga diperoleh dari angket respon pendidik dan peserta didik serta wawancara dan observasi peserta didik untuk melihat kepraktisan dari LKPD Interaktif berbasis model discovery learning yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapat persentase sebesar 97% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli bahasa mendapat persentase sebesar 98% dengan kategori sangat valid serta penilaian ahli media mendapat persentase sebesar 89,3% dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru sebagai praktisi mendapat persentase sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Serta penilaian kepraktisan dari peserta didik dengan dilakukan uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 95,54% dengan kategori sangat praktis dan uji coba kelompok besar dengan persentase sebesar 95,66% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD interaktif berbasis model discovery learning pada pembelajaran matematika di Kelas V Sekolah Dasar dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Alfarizi |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:32 |
Last Modified: | 16 May 2023 04:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48726 |
Actions (login required)
View Item |