ASYRAF, AMY MARDHATILLAH (2023) PENGARUH PENJUALAN ONLINE TERHADAP PENDAPATAN UMKM KULINER DI KECAMATAN KOTA BARU KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT AMY MARDHATILLAH ASYRAF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penjualan online terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi khususnya yang bekerja sama dengan platform digital Gojek dan Grab. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku/pemilik UMKM kuliner di Kecamatan Kota Baru yang bermitra dengan Gojek dan Grab. Pengambilan sampel penelitian memakai teknik snowball sampling. Tepatnya, 43 sampel diambil. Kuesioner dan wawancara langsung dipakai untuk mengumpulkan informasi. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan uji beda paired sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjualan online, lama usaha dan modal operasional secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Kota Baru, dengan hasil uji F yaitu sebesar 0,008 < 0,05. Sedangkan secara parsial, variabel penjualan online dengan nilai signifikansi 0,119 dan lama usaha dengan nilai signifikansi 0,664, tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Kota Baru. Sementara itu, untuk variabel modal operasional berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Kota Baru dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05. Dan berdasarkan hasil uji beda paired sample T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Kota Baru sebelum dan sesudah melakukan penjualan online menggunakan platform Gojek/Grab. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Kota Baru terdapat perbedaan yang absolut sebelum dan sesudah melakukan penjualan online. Kata kunci: Penjualan Online, Lama Usaha, Modal Operasional, Pendapatan UMKM, Analisis Regresi Berganda, Uji Beda Paired Sampel T-test.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penjualan Online, Lama Usaha, Modal Operasional, Pendapatan UMKM, Analisis Regresi Berganda, Uji Beda Paired Sampel T-test. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | ASYRAF |
Date Deposited: | 16 May 2023 04:30 |
Last Modified: | 16 May 2023 04:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |