HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

ADHA, AIDIL HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH AIDIL ADHA (A1A314018).pdf

Download (364kB)

Abstract

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI Oleh: 1)Aidil Adha, 2)Irzal Anderson, 3)Ahmad Fauzan 1)Mahasiswa S1 PPKn PIPS FKIP Universitas Jambi 2)Dosen PPKn PIPS FKIP Universitas Jambi 3)Dosen PPKn PIPS FKIP Universitas Jambi Email: aidiladhaa7895@gmail.com irzalanderson@gmail.com ahmad.fauzan@unja.ac.id ABSTRAK Adha, Aidil., 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI IPS Di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si., Pembimbing (II) Ahmad Fauzan, M.Pd., Kata Kunci: Motivasi Belajar, Sikap Sosial Siswa Pada dasarnya pendidikan yang dilaksanakan di sekolah merupakan suatu kegiatan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran membutuhkan peran dari siswa untuk ikut aktif dan berpartisipasi dalam setiap pelaksanaannya. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 7 Kota Jambi, masih terdapat siswa yang tidak berpartisipasi dan terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga menunjukkan suatu sikap yang pasif dan acuh tak acuh dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan salah satunya oleh motivasi siswa dalam proses pembelajaran, motivasi merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri siswa sehingga motivasi sangat menentukan setiap tindakan yang dilakukan oleh siswa serta dampak yang akan terlihat yaitu, bersikap aktif dan berpartisipasi dalam melakukan hubungan interaksi dengan siswa lain dan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat motivasi belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. 2) Sikap sosial siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. 3) Hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan sikap sosial siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasionla. Tempat penelitian di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 April s.d 30 April 2018. Adapun subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Kota Jambi dan yang menjadi sampel sebanyak 69 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah angke. Angket tersebut memiliki beberapa item pernyataan, untuk motivasi belajar terdiri dari 23 item dan sikap sosial siswa terdiri dari 24 item yang telah disebarkan oleh peneliti ditarik kembali oleh peneliti untuk dilakukan analisis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan SPSS 24. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, maka diperoleh data: 1) tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 7 kota Jambi termasuk kategori tinggi dengan persentase 56.53%, 2) sikap sosial siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 7 kota Jambi termasuk kategori sangat baik dengan persentase 78.26%, 3) hasil perhitungan dengan melakukan uji korelasi sederhana didapatlah nilai rxy = 0,565 dan berkategori sedang. Kemudian dikonversikan dengan rumus uji-t diperoleh thitung = 5,604, sehingga hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan sikap sosial siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Dari hasil pemaparan di atas, maka disarankan kepada pihak sekolah terutama untuk guru mata pelajaran PPKn agar memperbaiki motivasi siswa dan sikap sosial siswa serta kepada siswa agar meningkatkan motivasi dalam belajar serta sikap sosial siswa agar tujuan dalam proses pembelajaran tercapai.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AIDIL ADHA
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:48
Last Modified: 16 Jul 2018 08:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4874

Actions (login required)

View Item View Item