Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Xaverius II Jambi

Nehemia, Josua (2023) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Xaverius II Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Pesrsetujuan.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Skripsi Josua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK . Nehemia, Josua Robinsar. 2023. Pengaruh Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma Xaverius II Jambi: Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi. (II) Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar siswa yang rendah, yang disebabkan oleh masih kurangnya kedisiplinan belajar siswa dalam mentaati aturan aturan yang ada di sekolah serta rasa kesadaran diri dari dalam diri yang kecil. Selain itu suasana yang kurang kondusif serta belum terpenuhinya kenyamanan dan dukungan dari lingkungan siswa untuk belajar jugta turut menjadi salah sat penyebab masih kurang nya hasil belajar siswa yang memuaskan; yang mana tentunya setiap siswa menginginkan lingkungan belajar nyaman agar dapat mendukung siswa melaksanakan proses belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kedisiplinan belajar teerhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Xaverius II Jambi. 2) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Xaverius II Jambi. 3) pengeruh kedisiplinan belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Xaverius II Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Korelatif (hubungan) dengan pendekatan Kuantitatif, serta menggunakan angket sebagai instrument penelitian, dengan Populasi seluruh siswa kelas X dam XI IPS di SMA xaverius II Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Adapun sebagai sample dari penelitian ini adalah 51 orang siswa yang terdiri dari dua kelas, karena mengingat pada tempat penelitian hanya mempunyai 1 Kelas setiap angkatan sehingga semuanya dijadikan sample penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Kedisiplinan Belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Siswa IPS Kelas X dan XI di SMA Xaverius II Jambi. Berdasarkan hasil perhitungannya diperoleh : thitung > ttabel (4,783 > 1.67655) dengan sig 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh Kedisplinan belajar terhadap hasil belajar. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi Siswa IPS Kelas X dan XI di SMA Xaverius II Jambi. Ini berdasarkan hasil perhitungannya maka diperoleh : thitung > ttabel (10.724 > 1.67655) dengan sig 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel Disiplin Belajar (X1) dan Lingkungan Belajar (X2) terhadap Hasil belajar (Y) siswa IPS kelas X dan Xi di SMA Xaverius 2 Jambi. Ini terbukti dari Data menunjukkan tingkat signifikan (sig) Fhitung sebesar 70.728 dan berdasarkan uji signifikan, Fhitung > Ftabel atau 70.728 > 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi, dengan Koefisien determinasi (R2 )sebesar 0,484 atau 48,4%. Dari hasil simpulan disarankan agar siswa untuk lebih menerapkan disiplin pada diri sendiri, serta lingkungan yang ada membantu secara optimal guna untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kedisplinan Belajar Dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: NEHEMIA
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:45
Last Modified: 16 Jun 2023 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48743

Actions (login required)

View Item View Item