PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI

SEPTASARI, AAN NENENG PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH IKLIM KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (445kB)

Abstract

ABSTRAK Septasari, Aan Neneng. 2018. Pengaruh Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irwan, M.Pd., (II) Ahmad Fauzan, S.Pd, M.Pd., Kata kunci: Hasil Belajar, Iklim Kelas Proses pembelajaran seharusnya mampu menciptakan iklim kelas atau suasana kelas yang kondusif untuk mendukung kualitas terciptanya proses pembelajaran. Namun sayangnya proses pembelajaran yang terjadi selama ini masih cenderung satu arah, kurang memperhatikan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Guru cenderung belum menempatkan dirinya sebagai fasilitator, motivator, dalam suatu proses pembelajaran yang lebih menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar. Guru lebih cenderung menepatkan dirinya sebagai satu-satunya sumber belajar, sehingga peserta didik selama ini cenderung dianggap sebagai objek yang harus menerima segala sesuatu yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kelas terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto, dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Jambi pada siswa kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dengan sampel berjumah 57 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, diolah dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim kelas atau suasana kelas termasuk dalam kategori yang kondusif dengan presentase 59,6% dan hasil belajar rendah dengan presentase 68,4%. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh yang signifikan antara iklim kelas dan hasil belajar. Besaran pengaruh daam uji hipotesis sebesar 0,605 dengan nilai signifikan 0,000 < α= 0,05. Dalam koefisien determinasi terdapat pengaruh R2 sebesar 0,455 atau pengaruh sebesar 46%. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru dan siwa perlu menjaga dan meningkatkan iklim kelas yang terjadi dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan lagi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AAN NENENG SEPTASARI
Date Deposited: 16 Jul 2018 09:09
Last Modified: 16 Jul 2018 09:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item