Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbasis STEM Materi Pola Pewarisan Sifat Hukum Mendel untuk Siswa Kelas XII SMA

Nabila Hussen, Tasia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbasis STEM Materi Pola Pewarisan Sifat Hukum Mendel untuk Siswa Kelas XII SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (427kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran berperan penting bagi proses pembelajaran untuk penguasaan materi sehingga diperoleh hasil belajar kognitif yang baik. Penguasaan materi yang baik diperoleh melalui pembelajaran yang lebih bermakna sehingga perlu dikembangkan media berdasarkan pada pendekatan yang menitikberatkan dengan realitas kehidupan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yakni e-modul interaktif berbasis STEM materi pola pewarisan sifat hukum Mendel, kemudian menganalisis kelayakan media, menganalisis persepsi guru dan peserta didik atas produk yang telah dikembangkan dan menganalisis efektivitas penggunaan e-modul interaktif berbasis STEM materi pola pewarisan sifat hukum Mendel terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluation. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk, angket persepsi guru dan peserta didik yang disebarkan kepada kelompok kecil berjumlah 6 peserta didik dan kelompok besar 23 peserta didik serta tes belajar kognitif yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan e-modul interaktif berbasis STEM yang telah melalui tahap validasi materi sebanyak 2 kali diperoleh persentase sebesar 96,25% dengan kategori “sangat layak”, tahap validasi media dilakukan sebanyak 3 kali, diperoleh persentase sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”. Hasil persepsi guru biologi diperoleh persentase 83,75% termasuk pada kategori “sangat baik”. Hasil persepsi ujicoba kelompok kecil sebesar 80,41% termasuk kategori “baik” dan ujicoba kelompok besar sebesar 85% termasuk kategori “sangat baik”. Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), dengan rata-rata N-gain skor sebesar 0,70, artinya terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kognitif sebelum dan setelah penggunaan e-modul interaktif berbasis STEM dengan peningkatan signifikan sebesar 0,70 (sedang). Maka disimpulkan bahwa pengembangan e-modul interaktif berbasis STEM layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran biologi materi pola pewarisan sifat hukum Mendel.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, STEM, Pola Pewarisan Sifat Hukum Mendel, Flip PDF Professional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Hussen
Date Deposited: 17 May 2023 01:33
Last Modified: 17 May 2023 01:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48756

Actions (login required)

View Item View Item