WILYANDRI, RIKO PENGARUH IKLIM KELAS DAN SARANA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SURYA IBU JAMBI. JURNAL PENGARUH IKLIM KELAS DAN SARANA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SURYA IBU JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (147kB) |
Abstract
ABSTRAK Wilyandri, Riko. 2018. Pengaruh Iklim Kelas dan Sarana Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Surya Ibu Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, ME (II) Dra. Refnida, ME Kata Kunci:Hasil Belajar, Sarana Belajar Siswa dan Iklim Kelas. Penciptaan iklim kelas yang baik serta adanya sarana belajar yang difungsikan sesuai kebutuhan siswa diharapkan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang sesuai dengan tujuan elemen pendidikan tentu harapannya tinggi. Akan tetapi harapan tersebut tidak semuanya sesuai dengan kenyataan. Hal ini banyak penyebabnya namun diantara faktor yang ada adalah iklim kelas yang kurang kondusif dan sarana belajar siswa yang tidak mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kelas dan sarana belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Surya Ibu Jambi. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai seseorang setelah melakukan kegiatan belajar dan merupakan penilaian yang dicapai seseorang siswa untuk mengetahui sejauh mana bahan pengajaran atau materi yang diajarkan sudah diterima siswa. Iklim kelas adalah segala situasi yang muncul akibat hubungan antara guru dan peserta didik atau hubungan antara peserta didik yang menjadi ciri khusus dari kelas dan mempengaruhi proses belajar mengajar. Sarana belajar adalah segala sesuatu yang mendukung terhadap kelancaran proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto, dilaksanakan di SMA Surya Ibu Jambi pada siswa kelas X, XI dan XII IPS dengan sampel berjumlah 49 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, diolah menggunakan rumus regresi sederhana dilanjutkan regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh iklim kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Surya Ibu Jambi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,620 dengan t hitung sebesar 5,441 > t tabel = 2,021. Terdapat pengaruh sarana belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Surya Ibu Jambi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar sebesar 0,522 dan t hitung sebesar 4,197> t tabel = 2,021. Selanjutnya, terdapat pengaruh iklim kelas dan sarana belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Surya Ibu Jambi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi ganda/R sebesar 0,667 dengan Fhitung sebesar 18,409> Ftabel= 3,20. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru dan siswa untuk perlu menjaga dan meningkatkan iklim kelas yang kondusif dan perlu memanfaatkan sarana belajar siswa dengan baik serta tepat guna agar dapat meningkat kan hasil belajar siswa yang semakin tinggi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIKO WILYANDRI |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 01:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 01:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |