FARICA, VERDA PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI TATA NIAGA SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI TATA NIAGA SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI.
Text
artikel.pdf Download (398kB) |
Abstract
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI TATA NIAGA SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI Pembimbing: 1.) Prof. Dr. Drs. H. Rahmat Murbojono, M.Pd. 2.) Amir Syarifuddin, S. Pd,. M. Pd ABSTRAK Hasil belajar adalah tolak ukur yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar yang dimaksud adalah hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini mengkaji pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI Tata Niaga SMK Negeri 2 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI Tata Niaga SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan bentuk desain pretest dan posttest yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Jambi kelas X semester II tahun ajaran 2017/2018 dan dilakukan pada tanggal 30 April 2018 sampai dengan 11 Mei 2018. Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (74,23) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol (62,46) dan diperoleh nilai thitung > ttabel (5,33 > 2,000) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya terdapat pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI Tata Niaga SMK Negeri 1 Kota Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran talking stick pada proses pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan kiranya untuk perlu diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas. Kata kunci: Metode Pembelajaran Talking Stick, dan Hasil Belajar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | VERDA FARICA |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 04:23 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 04:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4878 |
Actions (login required)
View Item |