PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 131/IV KOTA JAMBI

Julia, Lastri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 131/IV KOTA JAMBI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 131/IV KOTA JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI LASTRI JULIA A1D119114.pdf

Download (832kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan minat belajar pada muatan IPS siswa kelas V Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick di SD Negeri 131/IV Kota Jambi dan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar angket minat belajar siswa dan juga observasi guru yang menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minat belajar IPS siswa terlihat dari lembar angket pada siklus I minat belajar siswa 32,83%. Meningkat pada siklus II menjadi 76,50% dengan kategori B (baik). Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 131/IV Kota Jambi dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif talking stick.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Julia
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:32
Last Modified: 06 Jun 2023 02:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48790

Actions (login required)

View Item View Item