ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA N 2 KOTA JAMBI

HAQIQI, MUHAMMAD ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA N 2 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA N 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA N 2 KOTA JAMBI Oleh: Muhammad Haqiqi), Asrial2), Harizon3) 1)Alumni Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi 2),3)Dosen Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi Email: muhammad_haqiqi@rocketmail.com ABSTRAK Penggunaan strategi dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang cenderung didominasi oleh guru dengan metode pembelajaran penyampaian informasi atau diskusi kelas yang kurang efektif dalam membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dimana siswa mampu untuk berpikir kritis dalam mengemukakan pendapat dan berargumentasi serta menjelaskan dan memperluas pemahaman yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran blended learning pada materi termokimia oleh siswa kelas XI SMA N 2 Kota Jambi dan hubungannya antara keterlaksanaan model tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah deskripstif korelasional. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling, diperoleh kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sementara analisis yang digunakan menggunakan korelasi Bivariate Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model oleh guru dan siswa melalui hasil kualitatif adalah baik, dengan rata-rata hasil kuantitatif yang masing-masing untuk guru adalah 80% dan untuk siswa adalah 73,25%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,85>1,714 yang artinya terdapat pengaruh keterlaksanaan strategi pembelajaran blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan strategi pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA N 2 Kota Jambi pada materi termokimia. Kata Kunci: Analisis, Strategi Pembelajaran Blended Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Termokimia

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: MUHAMMAD HAQIQI
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:01
Last Modified: 18 Jul 2018 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4880

Actions (login required)

View Item View Item