PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DIKELAS X SMA

Maysyaroh, Siti PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DIKELAS X SMA. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DIKELAS X SMA.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan LKS merupakan suatu hal yang dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan. Dengan adanya LKS yang dibuat secara menarik dan sistematis dapat membantu siswa untuk belajar lebih aktif. Pemilihan pendekatan dan model pembelajaran juga merupan hal yang berperan sangat penting untuk mendukung pengembangan LKS yang menarik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas LKS yang dikembangkan tersebut. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang di- kembangkan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, imple-mentation, evaluation). Pertama melakukan analisis, dilanjutkan dengan membuat ran- cangan, kemudian melakukan pengembangan terhadap LKS, dilanjutkan dengan uji coba produk atau implementasikan dilapangan, serta evalusi untuk melihat hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yang ditujukan untuk mengetahui kualitas LKS menurut kriteria Nieveen yaitu, kriteria kevalidan, kriteria kepraktisan dan kriteria keefektifan. Kriteria kevalidan diukur dengan menggunakan angket validasi dan angket validasi materi. Untuk validasi desain diperoleh persentase valid sebanyak 92,94% dengan kategori sangat valid sedangkan angket validasi materi diperoleh persentase valid sebanyak 80% dengan kategori valid, kriteria kepraktisan diukur dengan menggunakan angket penilaian guru dan siswa. Untuk angket penilaian guru diperoleh persentase praktis sebanyak 80,76% dengan kategori sangat praktis sedangkan angket penilaian siswa dipero- leh persentase praktis sebanyak 87,88 % dengan kategori sangat praktis. Serta kriteria keefektifan diukur dengan menggunakan tes hasil belajar dengan perolehan persentase sebanyak 83,87% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS memenuhi kualitas baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI MAYSYAROH
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:01
Last Modified: 18 Jul 2018 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4881

Actions (login required)

View Item View Item