Hari Kurniawan, Muhamad Rizal (2023) PENERAPAN FUNGSI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MEWUJUDKAN NILAI SILA KE-EMPAT PANCASILA DI SMKN 1 BATANGHARI. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
![]() |
Text
SKRIP. M. Rizal Hari K.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, dan Halaman Pengesahan.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) |
Abstract
M. Rizal Hari Kurniawan. 2023. Penerapan Fungsi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Mewujudkan Nilai Sila Ke-Empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari. Skripsi.Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci :fungsi, OSIS, sila ke-empat pancasila Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam mewujudkan nilai sila ke-empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari, serta mengetahui kendala organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam mewujudkan nilai sila ke-empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Batanghari pada bulan Desember 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam mewujudkan nilai sila ke-empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari adalah melibatkan siswa diluar kepengurusan OSIS untuk melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan untuk melaksanakan kegiatan, pengurus OSIS juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan ide atau pendapatnya mengenai rencana kegiatan yang telah disampaikan oleh anggota OSIS, melakukan pemilihan ketua dan anggota OSIS secara demokratis, serta bersikap terbuka dan menerima segala kritik yang disampaikan oleh siswa SMKN 1 Batanghari. Kendala pertama yang dihadapi oleh OSIS SMKN 1 Batanghari dalam mewujudkan nilai sila ke-empat dalam Pancasila adalah adanya siswa yang kurang aktif untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan OSIS, baik itu dalam kegiatan musyawarah maupun kegiatan-kegiatan lainnya, serta siswa yang mengikuti kegiatan musyawarah cenderung kurang aktif untuk memberikan kritik maupun pendapatnya. Kesimpulan penerapan fungsi organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam menerapkan nilai sila ke-empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari dilakukan dengan melaksanakan musyawarah, melaksanakan pemilihan dan menerima kritik. Dari ketiga aspek tersebut, maka fungsi untuk melaksanakan musyawarah dan melaksanakan pemilihan sudah dilakukan dengan baik, sedangkan fungsi untuk menerima kritik belum dilakukan dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | K |
Date Deposited: | 17 May 2023 07:44 |
Last Modified: | 17 May 2023 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |