Pengembangan Bahan Ajar Komik Sains Tema 7 Kelas III Sekolah Dasar

Fadzilah, Masruhah umil (2023) Pengembangan Bahan Ajar Komik Sains Tema 7 Kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
MASRUHAH UMIL F_PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK SAINS TEMA 7 ENERGI DAN PERUBAHANYA KELAS III SEKOLAH DASAR bu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN_1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1..pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 5..pdf

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Pustaka,.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Fadzilah, Masruhah Umil. 2023, Pengembangan Bahan Ajar Komik Sains Tema 7 Kelas III Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Amad Hariandi, S.Pd.I.,M.AG., (II) Hendra Budiono, S.Pd.,M.Pd., Kata kunci: Bahan Ajar, Komik Sains Penelitian ini bertujuan (I) untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar komik sains pada tema 7 energi dan perubahanya subtema 2 perubahan energi pembelajaran 2 muatan IPA siswa kelas III Sekolah Dasar, (2) untuk mendeskripsikan tingkat validasi bahan ajar komik sains pada tema 7 energi dan perubahnya subtema 2 perubahan energi pembelajaran 2 muatan IPA siswa kelas III Sekolah Dasar, (3) untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan bahan ajar komik sains pada tema 7 energi dan perubahannya subtema 2 perubahan energi pembelajaran 2 muatan IPA terhadap guru dan siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research And Developmet (R&D). Penelitian pengembangan bahan ajar komik sains pada tema 7 kelas III sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Borg and Gall (penelitian awal, merencanakan penelitian, pengembangkan diseain, uji coba produk, revisi hasil uji coba, uji coba produk secara luas, revisi produk, uji kelayakan, revisi final hasil uji coba dan desiminasi dan implementasi). Penelitian ini dilakukan di SDN 277/IV Merangin. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi dan validasi media. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru serta tanggapan peserta didik untuk melihat kepraktisan bahan ajar komik sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli media sebesar 100% yang berada dalam kategori Sangat Valid, penilaian ahli materi pembelajaran sebesar 95% yang berada dalam kategori Sangat Valid. Penilaian dari respon guru sebesar 8,7% yang berada dalam kategori Sangat Praktis dan penilaian kepraktisan produk oleh peserta didik sebesar 71% dengan kategori praktis. Uji coba produk dalam kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan untuk memperoleh data hasil kepraktisan bahan ajar komik sains. Untuk memperkuat ini semua agar produk yang dihasilkan benar-benar teruji maka dilakukanlah uji coba

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fadzillah
Date Deposited: 17 May 2023 07:19
Last Modified: 17 May 2023 07:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48817

Actions (login required)

View Item View Item