ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

JEFFRI, RISWAN ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL RIS.pdf

Download (761kB)

Abstract

ABSTRAK Jefri, Riswan. 2018. ”Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Kegiatan Praktikum Biologi Pada Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi”: Skripsi, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Hj. Evita Anggraeni, S.Si. M.Si (II) Retni, S. Budiarti, S.Pd., MSi Kata kunci: analisis, kemampuan berpikir kreatif, praktikum biologi. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan lingkungan kedua setelah keluarga yang memiliki potensi untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan berpikir. Salah satu kemampuan berpikir yang sering diabaikan dalam pendidikan formal adalah kemampuan berpikir kreatif. berpikir kreatif merupakan proses (tindakan) yang menjadi sarana untuk merangsang dan memunculkan berbagai potensi maupun bakat yang tersembunyi dari dalam diri seseorang menjadi sebuah talenta, gagasan maupun hasil karya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kegiatan praktikum biologi pada siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. pada penelitian ini data yang didapat adalah data kualitatif berupa deskripsi dari variabel yang diukur. Dalam penelitian ini juga didapat berupa data kuantitatif berupa persentase, sehingga diharapkan dapat menggambarkan hasil penelitian yang lebih obyektif. Sumber data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, angket respon siswa, dan wawancara. Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kegiatan praktikum biologi pada siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi diperolehan rata-rata persentase 56,48% dengan kriteria sedang. Berdasarkan angket respon siswa diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yakni 53,04% dengan kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kegiatan praktikum biologi pada siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi berada pada rata-rata kriteria sedang. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru dalam upaya meningkatkan berpikir kreatif siswa dengan cara menggunakan strategi yang tepat yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QK Botany
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: RISWAN JEFFRI
Date Deposited: 23 Jul 2018 01:41
Last Modified: 23 Jul 2018 01:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item