Ivontia, Dhea (2023) Analisis Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI MIPA SMA N 8 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (299kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan saat ini lebih mengedepankan peserta didik aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Artinya, peran guru hanyalah sebagai mediator peserta didik dalam mendapatkan pengetahuan. Peserta didik dituntut untuk mampu mendapatkan pemahaman secara mandiri, hal ini bertujuan untuk mengasah keterampilan kognitif peserta didik Perubahan tersebut adalah tentang keterampilan yang sangat diperlukan oleh anak-anak bangsa. Dalam pembelajaran dengan keterampilan abad ke-21, guru harus memotivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Salah satu model yang dapat membantu dan memfasilitasi untuk memudahkan siswa dalam berinteraksi dalam kelas dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi senyawa hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix method jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrument penelitian yang digunakan yaitu instrument aktivitas implementasi model think pair share oleh siswa, test essay. Untuk melihat korelasi implementasi model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment. Persentase dari rata-rata aktivitas implementasi model oleh siswa sebesar 69,52% dengan kategori baik, persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 74,92% yang berarti pada kategori baik. Nilai koefisien korelasi implementasi model think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh sebesar 0,5439 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran think pair share dikategorikan baik dan terdapat korelasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi senyawa hidrokarbon di kelas XI MIPA 1 SMA N 8 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, dan Senyawa Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Dhea Ivontia |
Date Deposited: | 22 May 2023 04:09 |
Last Modified: | 22 May 2023 04:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48863 |
Actions (login required)
View Item |