Analisi Dampak Karakter Terhadap Prestasi Belajar siswa Di kelas IX Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 19 Kota Jambi

Prasetyo, Gandung (2023) Analisi Dampak Karakter Terhadap Prestasi Belajar siswa Di kelas IX Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 19 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

[img] Text
SEKRIPSI GANDUNG PRASETYO (A1A316022) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
halaman persetujuan .pdf

Download (872kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Prasetyo,Gandung. 2023. Analisis Dampak Karakter Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 19 Kota Jambi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si , Pembimbing (2) Heri Usmanto,M.Pd Kata Kunci : Analisis, Dampak, Karakter, dan Prestasi Belajar Pada observasi awal, peneliti mengetahui bahwa ada beberapa masalah pada banyaknyaprestasi belajar siswa yang kurnag baik, hal tersebut setelah di dalami oleh peneliti dikarenakan karakter siswa yang kurang baik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memiliki hasil belajar yang kurnag baik seiring dengan berjalannya waktu, pembelajaran , tugas, serta ulangan yang dikerjakan oleh siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan indicator penelitian tentang karakter siswa yang disesuaikan dengan materi pembelajaran PPKn. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahawa dampak dari karakter yang kurnag baik terbukti dengan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti temukan, hal tersebut ternyata mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar siswa tersebut yang tidak bagus, disebabkan oleh rasa malas dan tidka bertanggung jawab, kyurnagnya kemandirian dan kedisiplinan, serta menyepelekan kejujuran. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dampak karakter terhadap prestasi belajar siswa ternyata sangat besar sekali, karakter dan moral anak yang tidak di didik dengan baik yang disebabkan oleh berbagai faktor internal maupun ekternal sehingga terjadi kemerosotan karakter sehingga memiliki prestasi belajar yang tidak baik di kalangan siswa-siswi .

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PRASETYO
Date Deposited: 22 May 2023 04:08
Last Modified: 22 May 2023 04:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48883

Actions (login required)

View Item View Item