Efektivitas Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Apos pada Materi Statistika dan Peluang

Maki, Muhammad and Marzal, Jefri and Saharudin, Saharudin (2018) Efektivitas Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Apos pada Materi Statistika dan Peluang. Edumatika. (Submitted)

[img] Text
Efektivitas Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis.pdf

Download (333kB)

Abstract

Multimedia pembelajaran merupakan suatu kombinasi dari berbagai media yang dirancang atau diprogram secara terstruktur dan interaktif untuk menyajikan konsep pembelajaran. Hendaknya dipersiapkan multimedia pembelajaranuntuk membantu memudahkan pembelajaran agar siswadapat memahamikonsepdanmerepresentasikan konsep pembelajaran matematika.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran matematika berbasis teori APOS (aksi, proses, objek dan skema) dan efektivitasnya terhadap pembelajaran pada materi statistika dan peluang yang valid menurut ahli. Efektivitas pembelajaran diukur denganpeningkatan kemampuan representasi matematis dan multimedia dipersepsikan dengan baik oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengembangkan multimedia pembelajaranmatematika dan instrumen yang digunakan adalah angket penilaianahli materi dan ahli desain pembelajaran, angket tanggapan guru dan siswa, persepsi siswa, dan tes hasil kemampuan representasi matematis siswa. Dari hasil analisis tes kemampuan representasi didapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada kategori tinggi, berdasarkan uji gain untuk materi statistika skor yang diperoleh 0,7 dan materi peluang skor uji gain diperoleh 1,3. Dan hasil analisis dari angket persepsi siswa didapat persentase 95% menunjukkan kategori “sangat positif”. Dapat disimpulkan multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat baik dan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Sehingga multimedia pembelajaran efektiv digunakan oleh guru dan siswa SMA khususnya pada pembelajaran materi statistika dan peluang.

Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 22 May 2023 03:19
Last Modified: 22 May 2023 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48914

Actions (login required)

View Item View Item