Pemerolahan Pengetahuan Matematika pada Anak Usia Dini

Kusuma Dewi, Rina and Kamid, Kamid and Saharudin, Saharudin Pemerolahan Pengetahuan Matematika pada Anak Usia Dini. Edumatika. (Submitted)

[img] Text
Pemerolahan Pengetahuan Matematika pada Anak Usia Dini.pdf

Download (249kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengetahuan Matematika yang muncul pada anak usia 3-4 tahun (2) Untuk mengetahui bagaimana anak usia dini memperoleh pengetahuan Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naratif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara serta dokumentasi kegiatan permainan anak dengan menggunakan media puzzle angka, telur warna, balok susun, dan puzzle bergambar. Hasil penelitian menunjukan media bermain yang edukatif untuk anak bisa memunculkan pengetahuan matematika yang sesuai dengan perkembangan usianya. Hal ini dilihat dari kemampuan anak yang telah mampu: (1) memasangkan benda-benda yang berkaitan (pairing) melalui media puzzle angka, pemerolehan pengetahuan matematikanya dengan cara mencocokkan ukuran bentuk kepingan puzzle (trial and error) dan secara berulang-ulang, mengenali bentuk yang sesuai pada kepingan puzzle dan selanjutnya anak paham akan bentuk ukuran dan menyebutkan lambang bilangan pada puzzle angka (2) mengelompokkan berdasarkan warna (matching). Melalui media telur warna pemerolehan pengetahuan matematika ditunjukkan dengan kemampuan anak mengindentifikasi warna (3) mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari yang kecil ke besar atau sebaliknya (seriation).

Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 22 May 2023 03:21
Last Modified: 22 May 2023 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48915

Actions (login required)

View Item View Item