Pengembangan e-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Berbantuan Flip Pdf & Wordwall Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Rahmadona, Desri Indah and Syahri, M.Pd, Dr. Dra. Wilda and Yusnaidar, S.Si, M.Si, Dr. Yusnaidar (2023) Pengembangan e-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Berbantuan Flip Pdf & Wordwall Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (328kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam materi kimia yaitu larutan elektrolit dan non elektrolit, materi ini terdapat di kelas X. materi ini mencakup pada factual, konsep dan procedural, hal ini membuat siswa harus memahami, menghitung dan menganalisis materi tersebut. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia adalah Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-Modul berbasis PBL untuk meningkatkan berpikir kritis siswa berbantuan flip pdf & wordwall pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di MAL yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis dan tanggapan guru serta respons siswa terhadap e-Modul. Model pengembangan yang digunakan adalah Lee dan Owens yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan lembar wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan akan dilakukan uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini yaitu rerata skor ahli materi 4,47 dengan persentase 89,4%, untuk ahli media sebesar 4,61 dengan persentase 92,2%. Kemudian penilaian guru memperoleh skor 4,7 dengan persentase 94%, serta memperoleh respons siswa sangat baik dengan persentase uji satu-satu 90% dan ujikelompok kecil 88,5%. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan disusun berbasis PBL berpotensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan mendapatkan respons positif oleh siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahmadona
Date Deposited: 22 May 2023 07:14
Last Modified: 22 May 2023 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48917

Actions (login required)

View Item View Item