SAVITRI, AYU PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL BR.pdf Download (277kB) |
Abstract
ABSTRAK Savitri, Ayu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs.H. Ekawarna, M.Psi.,(II) Nelly Indrayani, S.Hum, M.Hum. Kata kunci:Media Pembelajaran, Media Komik, Sejarah Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berupa komik sejarah pada materi Sejarah Peristiwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas XI SMKN 1 Kota Jambi, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berupa komik sejarah pada materi Sejarah Peristiwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang telah dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (analisis kebutuhan, materi, dan karakteristik siswa), Desain (membuat kerangka cerita, kerangka gambar, mewarnai gambar menggunakan Adobe Photoshop CS6), Development (Pengembangan) media komik, Implementasi media pembelajaran komik sejarah, dan Evaluasi (revisi produk berdasarkan penilaian tim ahli dan uji responden di lapangan). Data diperoleh dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan penghitungan angket data dilakukan secara kualitatif untuk validasi ahli dan kuantitatif untuk uji responden siswa SMK N 1 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli materi pembelajaran memperoleh skor sebanyak 53 dan persentasenya adalah 94,64% dengan kategori 76-100% adalah sangat baik dan layak ujicoba. Hasil validasi dari ahli media pembelajaran memperoleh skor sebanyak 57 dengan persentasenya adalah 89,06% dengan kategori 76-100% adalah sangat baik dan layak ujicoba. Sementara itu untuk respon siswa terhadap media pembelajaran yaitu dilakukan pada ujicoba kelompok kecil, besar dan uji lapangan. Maka didapatlah hasil penilaian ujicoba yaitu pada kelompok kecil dengan subjek ujicoba 5 responden dan kelompok besar dengan subjek ujicoba 15 responden, memperoleh kategori yang sangat baik yaitu 89,33% untuk persentase kelompok kecil, dan 92,88% untuk kelompok besar. Lalu dilakukan uji lapangan pada 32 siswa kelas XI AP2 untuk melihat keefektifan media pembelajaran, dari hasil uji lapangan dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebanyak 45,39%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak dan efektif digunakan dan mampu menambah variasi media pembelajaran, mampu menarik minat serta motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar media pembelajaran ini dapat menjadi masukan bagi guru dalam menambah variasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa dan sebagai pemacu motivasi belajar secara mandiri serta menarik minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AYU SAVITRI |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 08:38 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 08:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4895 |
Actions (login required)
View Item |