Muzakki, Rifqi Ihsan (2023) Analisa Potensi Likuifaksi pada Gedung Perkantoran Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (COVER)
Cover.pdf - Cover Image Download (72kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
halaman pengesahan rifqi.pdf Download (975kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_M1C119038_Rifqi Ihsan Muzakki_Analisis Potensi Likuifaksi pada Gedung Perkantoran Universitas Jambi.pdf Restricted to Repository staff only until 2033. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Likuifaksi adalah proses perubahan kondisi tanah pasir yang jenuh air menjadi cair akibat meningkatnya tekanan air pori dalam suatu lapisan tanah. Menurut data hasil penyelidikan tanah yang dilakukan pada lokasi gedung perkantoran Universitas Jambi terdapat jenis lapisan tanah yang dominan mengandung pasir sehingga perlu dilakukan analisa potensi likuifaksi. Metode yang digunakan dalam menganalisa potensi likuifaksi adalah dengan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Idriss dan Boulanger dengan menggunakan nilai faktor keamanan (FS) yang diperoleh dari perbandingan nilai Cyclic Resistance Ratio (CRR) dan Cyclic Stress Ratio (CSR). Lapisan tanah dapat dikatakan aman apabila nilai faktor keamanan lebih dari 1 (FS > 1). Analisa potensi likuifaksi dilakukan dengan menggunakan nilai Standard Penetration Test (SPT) pada titik penyilidikan DB-1, DB-2, DB-3, dan DB-4. Hasil analisa potensi likuifaksi menunjukkan nilai faktor keamanan terendah berada pada titik DB-4 dengan kedalaman 0-4,5 meter yaitu sebesar 1,38 atau FS > 1. Dapat disimpulkan bahwa pada gedung perkantoran Universitas Jambi tidak berpotensi terjadi likuifaksi dikarenakan nilai tegangan siklik yang dialami oleh tanah pada saat terjadi getaran yang diwakilkan oleh nilai Cyclic Stress Ratio (CSR) tidak lebih besar dariapada kemampuan tanah dalam menahan tegangan siklik yang diwakilkan oleh nilai Cyclic Resistance Ratio (CRR).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Muzakki |
Date Deposited: | 23 May 2023 03:04 |
Last Modified: | 23 May 2023 03:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |