Pengembangan Kuis Interaktif Multiple Choice Berbasis HOTS Sebagai Instrumen Penilaian Berbantuan Quizizz Pada Materi Sel Elektrokimia

Maisurah, Marhaini (2023) Pengembangan Kuis Interaktif Multiple Choice Berbasis HOTS Sebagai Instrumen Penilaian Berbantuan Quizizz Pada Materi Sel Elektrokimia. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I..pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (34kB)
[img] Text
SKRIPSI_Marhaini Maisurah(A1C119060)_Revisi Sidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan(1).pdf

Download (177kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Maisurah, Marhaini. 2023. “Pengembangan Kuis Interaktif Multiple Choice Berbasis HOTS Sebagai Instrumen Penilaian Berbantuan Quizizz Pada Materi Sel Elektrokimia”: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Kata Kunci: Kuis Interaktif Multiple Choice, HOTS, Sel elektrokimia Penilaian atau assesment adalah kegiatan sistematis untuk mengumpulkan informasi tentang hasil belajar dan tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes. Sesuai tuntutan abad ke-21, penilaian hasil belajar menitikberatkan peserta didik untuk memiliki kemampuan kompetitif berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kuis interaktif merupakan media berupa aplikasi komputer berisikan soal ataupun pertanyaan yang memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuannya secara mandiri. Pendidik dituntut untuk dapat melakukan inovasi baru dalam proses penilaian yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui peningkatan mutu soal berbasis HOTS dengan memperhatikan karakteristik dan kelayakan instrumen tes yang digunakan. Kuis interaktif multiple choice berbasis HOTS sebagai instrumen penilaian berbantuan quizizz dapat dijadikan sebagai instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan memanfaatkan aplikasi quizizz serta mengetahui kelayakan instrumen penilaian menurut ahli materi dan media, penilaian pendidik dan respon peserta didik terhadap kuis interaktif multiple choice berbasis HOTS sebagai instrumen penilaian berbantuan quizizz pada materi sel elektrokimia yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari (1) Define (pendefenisian); (2) Design (perancangan); (3) Develop (pengembangan); (4) Dissmeninate (penyebaran). Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif (wawancara guru, angket kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan angket validasi dosen ahli materi dan media yang dilengkapi dengan komentar dan saran) dan kuantitatif (skor hasil validasi kuis oleh dosen ahli materi dan media, penilaian pendidik (guru), respon peserta didik, uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda). Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penilaian ahli materi dan media terhadap 35 butir instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan sangat baik untuk dilakukan uji coba. Dari hasil uji coba diperoleh 20 butir instrumen penilaian yang valid dan 15 tidak valid dengan reliabilitas tinggi dengan tingkat kesukaran dan daya beda yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian penelitian dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif multiple choice berbasis HOTS sebagai instrumen penilaian berbantuan quizizz pada materi sel elektrokimia sangat baik dan layak digunakan sebagai penunjang instrumen penilaian pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah secara mandiri oleh peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kuis Interaktif Multiple Choice, HOTS, Sel elektrokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Maisurah
Date Deposited: 23 May 2023 03:16
Last Modified: 23 May 2023 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48957

Actions (login required)

View Item View Item