Sintya, Selvira (2023) Pengembangan E-Book Chapter Struktur Tumbuhan Berbasis Kontekstual pada Materi Akar (Radix) dan Batang (Caulis) untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (210kB) |
Abstract
Materi akar dan batang merupakan materi yang terdapat pada mata kuliah Struktur Tumbuhan. Bahan ajar pada mata kuliah Struktur Tumbuhan yang digunakan mahasiswa yaitu berupa buku. Perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa e-book chapter sebagai alternatif/referensi yang dapat membantu mahasiswa mempelajari dan memahami materi dengan baik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan kelayakan pengembangan e-book chapter Struktur Tumbuhan berbasis kontekstual pada materi akar dan batang untuk mahasiswa pendidikan biologi. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket validasi materi, media, dan respon mahasiswa. Hasil validasi materi e-book chapter mendapatkan persentase penilaian sebesar 84.62% dengan kategori sangat baik, dan hasil untuk validasi media didapatkan sebesar 94.23% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase penilaian rata-rata sebesar 91.56% dengan kriteria sangat baik dan pada uji coba kelompok besar persentase penilaian rata-rata sebesar 94.09% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa e-book chapter Struktur Tumbuhan berbasis kontekstual pada materi akar dan batang untuk mahasiswa pendidikan biologi layak digunakan oleh mahasiswa sebagai variasi ataupun alternatif bahan ajar pada mata kuliah Struktur Tumbuhan. Root and stem material is material contained in the Plant Structure course. Teaching materials in the Plant Structure course used by students are in the form of books. It is necessary to develop teaching materials in the form of e-book chapters as an alternative/reference that can help students learn and understand the material well. This study aims to determine the results and feasibility of developing a plant structure chapter e-book based on contextual material on roots and stems for biology education students. The development model used is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collection was carried out using a material validation questionnaire, a media questionnaire, and a student response questionnaire. The validation results for the e-book chapter material obtained an assessment percentage of 84.62% in the very good category, and the results for the media validation were obtained at 94.23% in the very good category. The results of the small group trials obtained an average rating percentage of 91.56% with very good criteria and in the large group trials the average rating percentage was 94.09% with very good criteria. Based on the data that has been obtained, it can be concluded that the plant structure chapter e-book based on contextual material on roots and stems for biology education students is appropriate for use by students as a variation or alternative teaching material in Plant Structure courses.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-book chapter, kontekstual, akar (radix), batang (caulis) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | SINTYA |
Date Deposited: | 25 May 2023 04:25 |
Last Modified: | 25 May 2023 04:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49018 |
Actions (login required)
View Item |